• SMPN 2 KANDANGAN
  • ESKADA JAYA

Program Kerja SARPRAS SMPN 2 Kandangan

LATAR BELAKANG

Dalam era globalisasi yang saat ini sudah mendekati pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  yang akan kita hadapi pada saat ini, kita sebagai bagian bangsa Indonesia harus siap dan giat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang, termasuk bidang Pendidikan yang dapat meningkatkan kwalitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani, dan dalam rangka mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, sehingga bangsa Indonesia dapat tumbuh dan berkembang menjadi bangsa maju berbudaya tinggi, kuat dan terhormat dan nantinya dapat berdiri sejajar dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

       Pendidikan Nasional juga mampu menumbuhkan dan mewujudkan rasa cinta pada Tanah Air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Dengan demikian Pendidikan Nasional akan mampu mewujudkan manusia pembangunan yang dapat membangun diri serdiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

      Untuk mencapai sasaran tersebut tidaklah mudah seperti membalikkan tangan, hambatan, tantangan dan rintangan berada di depan kita seperti bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak dan akan mengacaukan semua rencana kegiatan pendidikan yang sedang kita laksanakan, oleh karena itulah perlu untuk dibuat perencanaan pelaksanaan pendidikan di sekolah dalam bentuk Program Kerja Sekolah, sehingga tercapai peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Ditambah lagi kurikulum 2013 yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan nasional agar bermutu, menuntut tersedianya sarana dan prasarana yang memudahkan bagi seluruh komponen sekolah untuk melaksanakan pendidikan di tingkat sekolah. Peningkatan mutu pendidikan tersebut dititik beratkan pada kwalitas dan kwantitas lulusan sehingga kelak para siswa dapat melanjutkan studinya ketingkat yang lebih tinggi.

      Dalam hal ini khususnya bidang sarana prasarana  sangat besar peranannya membantu Kepala Sekolah untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan di sekolah, karena sarana prasarana pada dasarnya merupakan penyedia fasilitas fisik semua aktivitas kegiatan guru dan siswa di sekolah baik kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, kegiatan di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Untuk itu Waka Sarana Prasarana juga harus membuat perencanaan kemudian mengkoordinasikan kegiatan kepada setiap komponen sekolah dan mengorganisir setiap kegiatan yang dilaksanakan serta mengontrol atau membuat evaluasi dalam pelaksanaan setiap mata kegiatannya.

  DASAR

 Program Kerja ini disusun berdasarkan kebijaksanaan dan perundang-undangan yang telah ada yaitu :

  1. Undang – Undang Dasar 1945;
  2. Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional;
  3. Permendiknas Nomor 24 tahun 2007
  4. Permendiknas Nomor 33 tahun 2008
  5. Permendiknas Nomor 40 tahun 2008
  6. Keputusan Kakanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur tentang Kalender Pendidikan Tahun 2021/2022.

 

 TUJUAN

      Sekolah adalah lembaga pendidikan terdepan yang berada dilapangan dan berhadapan langsung dengan masyarakat, karena posisinya yang demikian, maka keberhasilan Program Pendidikan dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional sangat ditentukan oleh aktivitas sekolah yang terarah dan dilakukan secara terpadu oleh segenap personil sekolah.

      Agar segala sesuatu yang dilaksanakan berjalan secara efisien dan efektif maka diperlukan perencanaan yang matang dan terpadu sehingga kegiatan pendidikan akan berjalan secara optimal.

      Dengan perencanaan yang matang semua unsur di sekolah akan dapat menjalankan peranan dan tugasnya, sehingga terdapat kerja sama yang harmonis dalam pengelolaan pendidikan di sekolah untuk mencapai target dan sasaran yang telah diprogramkan.

  1. PROGRAM KEGIATAN

        Dalam melaksanakan tugas membantu Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana  membuat Program Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 1 (satu) tahun minimal meliputi :

  1. SARANA
  2. Perabot

Melaksanakan  Identifikasi Perabot Sekolah

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Perabot Sekolah
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Perabot Sekolah
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Peralatan pendidikan

Melaksanakan  Identifikasi Peralatan Pendidikan

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Peralatan Pendidikan
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Peralatan Pendidikan
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Media pendidikan

Melaksanakan  Identifikasi Media Pendidikan

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Media Pendidikan
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Media Pendidikan
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Buku dan sumber belajar lainnya

Melaksanakan  Identifikasi Buku dan Sumber Belajar lainnya

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Buku dan Sumber Belajar lainnya
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Buku dan Sumber Belajar lainnya
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

  

  1. Bahan habis pakai

Melaksanakan  Identifikasi Bahan Habis Pakai

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Bahan habis pakai
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Bahan habis pakai
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Perlengkapan lain yang diperlukan

Melaksanakan  Identifikasi Perlengkapan lain yang diperlukan

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Perlengkapan lain yang diperlukan
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Perlengkapan lain yang diperlukan
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. PRASARANA
  2. Lahan

Melaksanakan  Identifikasi Lahan Sekolah

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Lahan Sekolah
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Lahan Sekolah
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Ruang kelas

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Kelas.

Rincian Kegiatan :

  1.        Pendataan Kondisi Ruang Kelas
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3.        Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Kelas
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang pimpinan satuan pendidikan

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Pimpinan Satuan Pendidikan.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang Kelas
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Pimpinan Satuan Pendidikan.
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang pendidik

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Guru dan Staf.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang  Guru dan Staf.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Guru dan Staf
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
  5. Ruang tata usaha

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Tata Usaha.

Rincian Kegiatan :

  1.  Pendataan Kondisi Ruang  Tata Usaha.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3.  Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Tata Usaha
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang perpustakaan

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Perpustakaan.

Rincian Kegiatan :

  1.  Pendataan Kondisi Ruang 
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3.  Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Perpustakaan
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang laboratorium IPA

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium IPA.

Rincian Kegiatan :

  1.  Pendataan Kondisi Ruang  Laboratorium IPA.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3.  Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Laboratorium IPA
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

  

  1. Ruang Laboratorium Komputer

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium Komputer.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang  Laboratorium Komputer.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Laboratorium Komputer
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang Pusat Sumber Belajar (PSB)

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium Komputer.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang PSB.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang PSB
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang Kopsis

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang Kopsis.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang Kopsis.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Kopsis
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Instalasi daya dan jasa

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet.
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

  

  1. Tempat berolahraga

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Tempat berolah raga.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Tempat berolah raga
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Tempat berolah raga.
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Tempat beribadah

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Tempat beribadah.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Tempat beribadah
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Tempat beribadah.
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Tempat bermain

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Tempat bermain.

Rincian Kegiatan :

  1.  Pendataan Kondisi Tempat bermain
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Tempat bermain.
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

 

  1. Ruang/Tempat berkreasi

Melaksanakan  Identifikasi Kondisi Ruang/Tempat berkreasi.

Rincian Kegiatan :

  1. Pendataan Kondisi Ruang/Tempat berkreasi
  2. Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
  3. Membuat Analisa Kebutuhan Ruang/Tempat berkreasi.
  4. Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan

  

  1. PENUTUP

       Untuk mencapai keberhasilan dari suatu kegiatan pendidikan sangat tergantung dari perencanaan programnya, namun program yang baik belum tentu menjadi jaminan suatu kegiatan pendidikan akan mencapai keberhasilan yang diinginkan. Oleh karena itu Program Kerja  yang telah dibuat semaksimal mungkin ini untuk dapat mencapai keberhasilan masih sangat tergantung dari komnponen – komponen yang akan terlibat dalam proses kegiatannya, seperti Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa yang menjadi objeknya.

       Akhirnya kami berharap semoga Tuhan Yang maha Esa  berkenan melimpahkan atau memberikan bimbingan serta petunjuk Nya, sehingga Program Kerja Waka SARANA PRASARANA SMP Negeri 2 Kandangan ini dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Amin …..

  

Mengetahui Kepala SMPN 2 KANDANGAN           

Kandangan, 12 Nopember 2022

                                                Penyusun

 

Kastani, S,Pd.                        Karen Supriadi, S.Pd.

NIP.197008211997021003 NIP.196905162008011009

 

by: karen

Komentari Tulisan Ini