
Program Kerja SARPRAS SMPN 2 Kandangan
LATAR BELAKANG
Dalam era globalisasi yang saat ini sudah mendekati pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan kita hadapi pada saat ini, kita sebagai bagian bangsa Indonesia harus siap dan giat dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang, termasuk bidang Pendidikan yang dapat meningkatkan kwalitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani, dan dalam rangka mencapai Tujuan Pendidikan Nasional, sehingga bangsa Indonesia dapat tumbuh dan berkembang menjadi bangsa maju berbudaya tinggi, kuat dan terhormat dan nantinya dapat berdiri sejajar dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.
Pendidikan Nasional juga mampu menumbuhkan dan mewujudkan rasa cinta pada Tanah Air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan sosial. Dengan demikian Pendidikan Nasional akan mampu mewujudkan manusia pembangunan yang dapat membangun diri serdiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Untuk mencapai sasaran tersebut tidaklah mudah seperti membalikkan tangan, hambatan, tantangan dan rintangan berada di depan kita seperti bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak dan akan mengacaukan semua rencana kegiatan pendidikan yang sedang kita laksanakan, oleh karena itulah perlu untuk dibuat perencanaan pelaksanaan pendidikan di sekolah dalam bentuk Program Kerja Sekolah, sehingga tercapai peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Ditambah lagi kurikulum 2013 yang dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pendidikan nasional agar bermutu, menuntut tersedianya sarana dan prasarana yang memudahkan bagi seluruh komponen sekolah untuk melaksanakan pendidikan di tingkat sekolah. Peningkatan mutu pendidikan tersebut dititik beratkan pada kwalitas dan kwantitas lulusan sehingga kelak para siswa dapat melanjutkan studinya ketingkat yang lebih tinggi.
Dalam hal ini khususnya bidang sarana prasarana sangat besar peranannya membantu Kepala Sekolah untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan di sekolah, karena sarana prasarana pada dasarnya merupakan penyedia fasilitas fisik semua aktivitas kegiatan guru dan siswa di sekolah baik kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler, kegiatan di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Untuk itu Waka Sarana Prasarana juga harus membuat perencanaan kemudian mengkoordinasikan kegiatan kepada setiap komponen sekolah dan mengorganisir setiap kegiatan yang dilaksanakan serta mengontrol atau membuat evaluasi dalam pelaksanaan setiap mata kegiatannya.
DASAR
Program Kerja ini disusun berdasarkan kebijaksanaan dan perundang-undangan yang telah ada yaitu :
- Undang – Undang Dasar 1945;
- Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional;
- Permendiknas Nomor 24 tahun 2007
- Permendiknas Nomor 33 tahun 2008
- Permendiknas Nomor 40 tahun 2008
- Keputusan Kakanwil Depdikbud Propinsi Jawa Timur tentang Kalender Pendidikan Tahun 2021/2022.
TUJUAN
Sekolah adalah lembaga pendidikan terdepan yang berada dilapangan dan berhadapan langsung dengan masyarakat, karena posisinya yang demikian, maka keberhasilan Program Pendidikan dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Nasional sangat ditentukan oleh aktivitas sekolah yang terarah dan dilakukan secara terpadu oleh segenap personil sekolah.
Agar segala sesuatu yang dilaksanakan berjalan secara efisien dan efektif maka diperlukan perencanaan yang matang dan terpadu sehingga kegiatan pendidikan akan berjalan secara optimal.
Dengan perencanaan yang matang semua unsur di sekolah akan dapat menjalankan peranan dan tugasnya, sehingga terdapat kerja sama yang harmonis dalam pengelolaan pendidikan di sekolah untuk mencapai target dan sasaran yang telah diprogramkan.
- PROGRAM KEGIATAN
Dalam melaksanakan tugas membantu Kepala Sekolah, Waka Sarana Prasarana membuat Program Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 1 (satu) tahun minimal meliputi :
- SARANA
- Perabot
Melaksanakan Identifikasi Perabot Sekolah
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Perabot Sekolah
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Perabot Sekolah
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Peralatan pendidikan
Melaksanakan Identifikasi Peralatan Pendidikan
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Peralatan Pendidikan
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Peralatan Pendidikan
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Media pendidikan
Melaksanakan Identifikasi Media Pendidikan
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Media Pendidikan
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Media Pendidikan
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Buku dan sumber belajar lainnya
Melaksanakan Identifikasi Buku dan Sumber Belajar lainnya
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Buku dan Sumber Belajar lainnya
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Buku dan Sumber Belajar lainnya
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Bahan habis pakai
Melaksanakan Identifikasi Bahan Habis Pakai
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Bahan habis pakai
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Bahan habis pakai
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Perlengkapan lain yang diperlukan
Melaksanakan Identifikasi Perlengkapan lain yang diperlukan
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Perlengkapan lain yang diperlukan
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Perlengkapan lain yang diperlukan
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- PRASARANA
- Lahan
Melaksanakan Identifikasi Lahan Sekolah
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Lahan Sekolah
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Lahan Sekolah
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang kelas
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Kelas.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Kelas
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Kelas
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang pimpinan satuan pendidikan
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Pimpinan Satuan Pendidikan.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Kelas
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Pimpinan Satuan Pendidikan.
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang pendidik
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Guru dan Staf.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Guru dan Staf.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Guru dan Staf
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang tata usaha
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Tata Usaha.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Tata Usaha.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Tata Usaha
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang perpustakaan
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Perpustakaan.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Perpustakaan
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang laboratorium IPA
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium IPA.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Laboratorium IPA.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Laboratorium IPA
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang Laboratorium Komputer
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium Komputer.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Laboratorium Komputer.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Laboratorium Komputer
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang Pusat Sumber Belajar (PSB)
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Laboratorium Komputer.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang PSB.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang PSB
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang Kopsis
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang Kopsis.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang Kopsis.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang Kopsis
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Instalasi daya dan jasa
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet.
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Instalasi Listrik, Air, Telepon dan Internet
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Tempat berolahraga
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Tempat berolah raga.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Tempat berolah raga
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Tempat berolah raga.
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Tempat beribadah
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Tempat beribadah.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Tempat beribadah
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Tempat beribadah.
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Tempat bermain
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Tempat bermain.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Tempat bermain
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Tempat bermain.
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- Ruang/Tempat berkreasi
Melaksanakan Identifikasi Kondisi Ruang/Tempat berkreasi.
Rincian Kegiatan :
- Pendataan Kondisi Ruang/Tempat berkreasi
- Membuat kelengkapan administrasi Pendataan
- Membuat Analisa Kebutuhan Ruang/Tempat berkreasi.
- Melaksanakan dan membuat laporan Pendataan
- PENUTUP
Untuk mencapai keberhasilan dari suatu kegiatan pendidikan sangat tergantung dari perencanaan programnya, namun program yang baik belum tentu menjadi jaminan suatu kegiatan pendidikan akan mencapai keberhasilan yang diinginkan. Oleh karena itu Program Kerja yang telah dibuat semaksimal mungkin ini untuk dapat mencapai keberhasilan masih sangat tergantung dari komnponen – komponen yang akan terlibat dalam proses kegiatannya, seperti Kepala Sekolah, Guru, Karyawan dan Siswa yang menjadi objeknya.
Akhirnya kami berharap semoga Tuhan Yang maha Esa berkenan melimpahkan atau memberikan bimbingan serta petunjuk Nya, sehingga Program Kerja Waka SARANA PRASARANA SMP Negeri 2 Kandangan ini dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dengan sebaik – baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Amin …..
Mengetahui Kepala SMPN 2 KANDANGAN
Kandangan, 12 Nopember 2022
Penyusun
Kastani, S,Pd. Karen Supriadi, S.Pd.
NIP.197008211997021003 NIP.196905162008011009
by: karen