
Best Practice P5 TIM SMPN 2 Kandangan
SUARA DEMOKRASI
"SENANGNYA BELAJAR BERDEMOKRASI DI SEKOLAHKU"
A. TEMA “SUARA DEMOKRASI”
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum yang sekarang digunakan memiliki sejumlah kelemahan dalam penerapannya, terutama saat masa pandemi lalu di mana kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Ditambah lagi, banyak siswa yang mengalami learning loss
karena pembelajaran jarak jauh yang dilakukan selama pandemi Covid-19. Untuk mengatasi masalah tersebut, akhirnya diluncurkanlah Kurikulum Merdeka yang lebih fleksibel, ringkas, dan sederhana. Secara konsep, tentu akan ada perbedaan antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka, seperti mata pelajaran IPA dan IPS digabungkan di tingkat SD, mata pelajaran Informatika menjadi mata pelajaran wajib di tingkat SMP, dan tidak ada penjurusan di tingkat SMA. Selain itu, di Kurikulum Merdeka ini juga muncul beberapa istilah yang sering digunakan. Salah satunya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat menjadi P5.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dalam pelaksanaannya, P5 ini dapat dilakukan secara fleksibel, baik dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. P5 dalam Kurikulum Merdeka juga dirancang terpisah dari intrakurikuler. Hal ini dikarenakan tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projeknya tidak berkaitan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Secara umum, P5 dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk meng- hasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang pendidikan. Namun, secara praktis, P5 bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik.
Untuk mewujudkan pelaksanaan dari P5 yang sekaligus memberikan pengetahuan dan ketrampilan tambahan dari lingkungan sekitar peserta didik maka UPTD SMPN 2 Kandangan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 menyelengagrakan P5 dengan tema Suara Demokrasi. Pelaksanaan Suara Demokrasi di sekolah ini sebagai bentuk nyata dari pengenalan peserta didik secara berkesinambungan dalam pembelajaran demokrasi di sekolah.
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak sekali permasalahan yang dihadapi dan butuh penyelesaian dengan baik. Banyak cara yang digunakan untuk mencapai suatu
kesepakatan bersama. Maka dari itu untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam demokrasi pancasila diantaranya mengalami perbedaan, menjunjung persatuan dan kesatuan, mengutamakan musyawarah untuk mufakat dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan ciri khas demokrasi pancasila lebih bersifat kekeluargaan dan sangat menghargai hak-hak asasi setiap orang dan menjamin hak minoritas masyarakat.
B. TOPIK “SENANGNYA BELAJAR BERDEMOKRASI DI SEKOLAHKU”
Pada dasarnya, seluruh siswa di sekolah adalah anggota dari OSIS. Meskipun demikian, OSIS terbagi ke dalam beberapa perangkat. Perangkat OSIS ialah pembina OSIS, perwakilan kelas atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas), dan juga pengurus OSIS.
Pembina OSIS terdiri atas kepala sekolah sebagai ketua, wakil kepala sekolah sebagai wakil ketua, dan guru sebagai anggota. Sedikitnya lima orang guru yang menjadi anggota dan bergantian setiap tahun pelajaran.
Untuk perwakilan kelas atau yang sering disebut MPK, biasanya anggotanya terdiri dari dua orang siswa perwakilan kelasnya. MPK ini bertugas sebagai lembaga legislatif atau pengawas jalannya kepengurusan OSIS di sekolah.
Kepengurusan OSIS ialah bagian yang cukup penting. Oleh karena itu, kepengurusan umumnya dipilih melalui seleksi yang ketat. Struktur kepengurusan OSIS terdiri dari ketua OSIS, sekretaris, bendahara, ketua seksi, dan juga anggota setiap seksinya. Biasanya terdapat sepuluh seksi bidang dalam kepengurusan OSIS. Seluruh seksi bidang ini telah ditetapkan oleh pemerintah.
Dari rangkaian keberadaan organisasi OSIS di UPTD SMPN 2 Kandangan seperti tersebut di atas maka Kami sebagai tim P5 sekolah berniat dan berkominten memberikan pembelajaran demokrasi yang menyenangkan serta dapat menampilkan informasi sekaligus memberikan proses demokratisasi secara jujur, adil dan bertanggung jawab.
Tetapi produk akhir dari P5 ini tidak semata-mata terpilihnya ketua dan pengurus OSIS periode 2023/2024 lebih jauh dari itu adalah bagaimana proses dari kegiatan P5 ini mampu mengejawantahkan dimensi-dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila ketika berada di dalam pembelajaran di kelas dengan penuh rasa kasih sayang dan menyenagkan untuk bisa menanamkan dimensi, elemen dan subelemen Profil Pelajar Pancasila.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
UPAYA MEMPERTAHANKAN CAPAIAN AKREDITASI UNGGUL DAN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
UPAYA MEMPERTAHANKAN CAPAIAN AKREDITASI UNGGUL DAN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 2 KANDANGAN Oleh : Sarana (NIM 240100013)sarana.134@admin.smp.belajar.id Abstr
Asesmen Sumatif : Kemagnetan dan Pemanfaatannya
Asesmen Sumatif Mapel : IPA Kelas/semester : IX/2 Materi : Kemagnetan dan Pemanfaatannya oleh : Mairini, S,Pd. Pilihlah salah satu jawaban yang benar ! 1. Manaka
Asesmen Formatif : Bioteknologi
Materi : Bioteknologi Kelas/Semester : IX/2 Soal Pilihan Ganda 1. Apa yang dimaksud dengan bioteknologi konvensional? a. Penggunaan mikroorganisme untuk menghasilkan produk baru
Berkenalan dengan Saccharomyces Cereviseae
Bioteknologi pangan adalah bioteknologi yang digunakan untuk menghasilkan produk makanan dengan memanfaatkan mikroorganisme. Beberapa contoh produk bioteknologi di bidang pangan yai
MATERI PONDOK ROMADHON 1446 H
Terjemahan Matan ‘Aqidatul ‘Awam – As-Sayyid Ahmad Al-Marzuqi Al-Maliki Al-Makkihttp://ar-raufi.blogspot.com/ 1
Senam Anak Indonesia Hebat di SMPN 2 Kandangan: Membangun Generasi Sehat dan Berkarakter
Kandangan (15/2/2025) - Kemendikdasmen (Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah) telah meluncurkan Senam Anak Indonesia Hebat, bersamaan dengan peluncuran Gerakan 7 Kebiasaan Anak Ind
Menorehkan Harapan dalam Karya Seni Terapan
8E - ESKADA rupa-rupa warnanya.... Kandangan, (17/2/2025) - Kreativitas peserta didik Indonesia tumbuh dan berkembang melalui ruang kebebasan peserta didik dalam mencari, melihat,
IKRAR PELAJAR SMPN 2 KANDANGAN DALAM UPAYA MENJAGA KETERTIBAN DAN KEAMANAN MENJELANG IDUL FITRI
Kediri, (7/3/2025) - Dalam upaya pencegahan segala bentuk kekerasan di dalam lingkungan sekolah dan menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, peserta didik SMPN 2 Kandangan menggel
PEMBIASAAN SHOLAT DHUHUR BERJAMAAH
Kandangan (26/07/23) Eskada mengadakan Pembiasaan Sholat Dhuhur berjamaah kepada siswa siswinya yang beragama Islam. Kegiatan ini diadakan setiap hari kecuali Hari Jum'at. Setiap kelas
PRAKTEK P5 KEWIRAUSAHAAN ESKADA SUKSES
Kandangan (20/06/23) Kewirausahaan adalah salah satu skill atau ketrampilan yang wajib dimiliki oleh siapa saja. Di dunia pendidikan khususnya sekolah, ilmu dan ketrampilan ini disebut
Literasi: Meningkatkan Kompetensi Murid
Kandangan (15/04/23) Literasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan suatu kemampuan menulis dan membaca, ataupun pengetahuan serta keterampilan maupun kemampuan seseoran
ALAT PERAGA PEMUAIAN ZAT GAS
Kandangan (18/03/23) Pembuatan alat peraga pemuaian zat gas ini bertujuan untuk menunjukkan kepada siswa tentang konsep pemuaian, memudahkan siswa untuk memahami tentang kon
Kemampuan Numerasi Siswa
KANDANGAN (16/02/23) Kemampuan numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari, dan kemam
Alat Peraga Elektroskop Sederhana
Kandangan (13/0223) Elektroskop adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya muatan listrik. Untuk pembelajaran di kelas, Bu Umi Muslikhatin membuat alat peraga elektroskop seder